Minggu, 13 Oktober 2013

Klasifikasi Makhluk Hidup

 
Postingan kali ini saya mencoba membagi sedikit mengenai salah satu materi biologi yang saya punya yaitu mengenai klasifikasi makhluk hidup, materi mengenai klasifikasi makhluk hidup saat ini masih saya ajarkan di kelas 7 SMP, Oleh karena itu isi dari materi ini tidak sampai mendalam tetapi hanya membahas bagian-bagian 'permukaan' saja. Sebelumnya saya sudah membagi materi yang sama mengenai klasifikasi makhluk hidup ini akan tetapi dalam format ppt.
Langsung saja kita mulai, kita tahu kita tidak hidup sendiri disini dan kita semua juga tahu kalau di bumi yang kita huni ini terdapat banyak sekali makhluk hidup, mulai dari yang bersel satu (uniseluler) sampai makhluk hidup yang bersel banyak (multiseluler). untuk mengenali dan mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam secara keseluruhan tidaklah mudah. oleh karena itu, dibuat klasifikasi (pengelompokkan) makhluk hidup. Klasifikasi adalah suatu cara mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan-golongan atau unit-unit tertentu.
Tujuan klasifikasi adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan dan mempelajari makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki makhluk hidup. Makhluk hidup yang memiliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan atau suatu kelompok tertentu.
Beberapa contoh klasifikasi sebenarnya sudah ada sejak lama, meskipun masih sederhana. misalnya pengelompokkan tumbuhan berdasarkan ukuran tubuhnya (pohon, perdu, semak). pengelompokkan tumbuhan berdasarkan lingkungan tempat hidupnya (xerofit, hidrofit, higrofit) pada hewan misalnya yang sudah sering kita dengar adalah pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya (karnivora, herbivora dan omnivora).

Akan tetapi cara-cara pengelompokkan seperti di atas dianggap kurang sesuai karena dibuat berdasarkan keinginan orang yang mengelompokkannya.

SISTEM KLASIFIKASI LIMA KINGDOM

Semula para ahli mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kerajaan, yaitu Hewan dan tumbuhan. Namun ada tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil dan tidak dapat membuat makanan sendiri, yaitu jamur. Oleh karena itu para ahli taksonomi kemudian mengelompokkan makhluk hidup menjadi tiga kelompok, yaitu :
  1. Plantae (tumbuhan)
  2. Fungi (jamur)
  3. Animalia (hewan)
Setelah para ahli mengetahui struktur sel (susunan sel) secara pasti, makhluk hidup dikelompokkan menjadi empat kerajaan, yaitu :
  1. Prokariot
  2. Fungi
  3. Plantae
  4. Animalia
Pengelompokkan ini  berdasarkan ada tidaknya membran inti. Sel yang memiliki membran inti disebut sel eukariotik, sedangkan sel yang tidak memiliki membran inti disebut sel prokariotik.
Pada tahun 1969, Robert H. Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu:
  1. Monera
  2. Protista
  3. Fungi
  4. Plantae
  5. Animalia

1  Kingdom Monera
Monera merupakan makhluk hidup bersel satu (unisel).Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan monera memiliki sel prokariotik, artinya sel tersebut tidak memiliki membran inti. Kelompok ini terdiri dari Bakteri dan ganggang hijau biru.
Bakteri merupakan mahluk hidup yang berkembang biak dengan membelah diri dan mempunyai habitat di air, tanah dan udara. Bakteri mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop.

2  Kingdom Protista
Makhluk hidup yang masuk dalam kerajaan protista memiliki sel eukariotik, artinya sel tersebut memiliki membran inti. uniseluler (bersel satu) yang hidup soliter atau berkoloni. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak tetapi tidak berdiferensiasi. Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan.
Kelompok ini terdiri dari protista menyerupai hewan (Protozoa), protista menyerupai tumbuhan (ganggang) dan protista menyerupai jamur. 
3 Kingdom Fungi (Jamur)
Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tidak dapat membuat makanannya sendiri. Cara makannya heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit. Kelompok ini terdiri dari semua jenis jamur, kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota).
4 Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanan sendiri (autotrof). Kelompok ini terdiri dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji terbuka, dan tumbuhan berbiji tertutup. 
5 Kingdom Animalia (hewan)
Hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya tersusun atas banyak sel yang telah bediferensiasi membentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga bersifat heterotrof. Kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaitu invertebrata dan vertebrata. 

Mungkin itu saja yang bisa saya bagi untuk postingan kali ini, meskipun sangat sederhana semoga bisa sedikit membantu untuk siapa saja yang membutuhkan.

 

1 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

    BalasHapus